Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Bisnis Tanaman Hias
#1
[Image: bisnis-tanaman-hias.jpg]
Anda suka bercocok tanam atau bunga hias? mungkin membuka usaha yang ada kaitannya dengan tanaman hias bisa Anda coba. Kenapa, karena di situlah menjadi peluang Anda untuk memulai berbisnis. Jika Anda ingin serius menekuni bisnis ini, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu seluk beluk bisnis ini dengan baik. Selain itu, persiapkan semuanya agar Anda tidak terjebak hanya pada trend bisnis tanaman hias yang terkadang bersifat sesaat.
Pada dasarnya, persiapan dalam membuka suatu usaha hampir sama, hanya pada beberapa pokok yang sedikit berbeda. Untuk urusan hobi jadi bisnis seperti pada umumnya permulaan bisnis tanaman hias ini, Anda harus memperhatikan beberapa persiapan khusus. Coba perhatikan beberapa poin penting di bawah ini agar lebih mudah dalam memulai bisnis tanaman hias.
1. Pengetahuan yang Cukup Tentang Tanaman Hias
[Image: Aneka+Tanaman+Hias+2.png]
Sulit rasanya jika Anda ingin membuka usaha pada bisnis tanaman hias namun sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang tanaman itu sendiri. Mungkin semua bisnis juga seperti itu, namun dalam kaitannya dengan bisnis tanaman hias, tidak bisa ditunda lagi.
Anda harus memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni untuk memulai membuka usaha tersebut. Karena jika tidak memiliki dasar pengetahuan yang cukup tentang tanaman hias, tidak menutup kemungkinan tanaman hias yang akan Anda jadikan bisnis bisa layu atau bahkan bisa mati sebelum terjual.
Saran saya, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanaman hias. Bagaimana cara merawatnya, bagaimana cara menjadikannya lebih indah dan lainnya. Anda bisa browsing, atau lebih mantab lagi jika Anda langsung berguru pada ahli atau yang sudah berpengalaman. Itu akan lebih memudahkan Anda dalam membuka bisnis tanaman hias ini.
2. Lokasi yang Strategis
Lokasi bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis tanaman hias. Sudah tentu lokasi yang potensial adalah lokasi yang ramai atau mudah dijangkau oleh calon konsumen. Namun jika terpaksa Anda tidak memiliki lokasi seperti kualifikasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan yang ada terlebih dahulu.
Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sebagai lokasi usaha untuk sementara waktu. Pertimbangkan luas area yang akan Anda manfaatkan untuk usaha. Karena berbisnis tanaman hias sedikit membutuhkan area yang lebih luas sebagai tempat memajang tanaman Anda.
Selain pertimbangan di atas, yang perlu Anda perhatikan juga adalah kesesuain suhu daerah Anda dengan tanaman hias yang akan Anda kelola. Jika tanaman tidak cocok dengan suhu, maka bisa dipastikan tidak akan maksimal atau bahkan bisa sampai mati.


3. Perhatikan Pemilihan Jenis Tanaman Hias
Pemilihan yang tepat bisa menjadikan bisnis tanaman hias bisa langgeng dan tetap eksis. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa menjadi komoditi bisnis yang menjanjikan. Jika misalnya Anda menentukan bunga sebagai bisnis yang akan Anda tekuni, maka pilihlah bunga yang memiliki daya jual stabil dan tidak hanya musiman semata. Selain itu, karena Anda masih pada tahap memulai, biaya perawatan dalam merawat tanaman hias juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.
Atau jika dirasa terlalu berat dalam mengelola beberapa jenis bunga sekaligus, Anda bisa memulainya dengan fokus terlebih dahulu dengan satu atau dua jenis tanaman hias. Baru setelah dirasa ada perkembangan yang bagus, Anda bisa menambah jenis tanaman hias baru.
4. Persiapkan Media Tanam Untuk Tanaman Hias
Media tanam adalah hal utama dalam berbisnis tanaman hias. Media tanam yang berkualitas akan bisa menjaga tanaman Anda tetap subur dan segar. Jadi Anda harus memahami juga berapa kebutuhan media tanam untuk tanaman yang Anda persiapkan.
Seberapa besar kebutuhan akan media tanam, bagaimana efisiensi dan efektifitasnya juga harus Anda ketahui dengan seksama. Jika Anda sudah mampu membuat media tanam sendiri, itu akan jauh lebih bagus dan bisa lebih meminimailisir biaya dalam persiapan bisnis tanaman hias.
Itulah sedikit tips sederhana untuk persiapan Anda jika ingin menekuni bisnis tanaman hias. Pastikan semuanya sudah tersiapkan dengan matang agar ketika Anda memulainya sudah tidak ada lagi ganjalan yang dirasa masih kurang dalam persiapan.

[Image: Taman-Bunga-Keukenhof.jpg][Image: yoyo52.gif]
Reply
#2
Ehemm.., di boyolali kayaknya blm ada ya??

bisa jadi kesempatan nih  yoyo148
Reply
#3
(12-08-2016, 09:07 AM)CalonJuragan Wrote: Ehemm.., di boyolali kayaknya blm ada ya??

bisa jadi kesempatan nih  yoyo148

majuuu bro,... yoyo160 yoyo91
Reply
#4
Wah kayaknya bisnis tanaman hias bisa jadi salah satu bisnis yang menguntungkan juga nih..
Kalau saya sih sekarang lagi belajar nanam tanaman buah-buahan karena bijinya mau dikelola sebagai minyak argan hehe
Btw, tanaman hias yang sering diincer apa ya?
Custom Essential Oil - Essential Oil Indonesia yang memiliki kualitas & dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.
Reply
#5
Tanaman hias memang banyak peminatnya di pasaran biasanya suka dipakai untuk dijadikan buket bunga atau karangan bunga. Buket bunyanya multifungsi bisa untuk hadiah di acara pernikahan atau ulang tahun teman, ataupun acara graduation. Makanya bisnis bunga atau tanaman hias ini laku di pasaran apalagi sekarang sudah ada toko bunga online di Jakarta.
Jual Karangan Bunga Untuk Berbagai Event Hanya Di Toko Bunga Online Jakarta.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)